Agen Bola Pemain Asing Musim Depan Akan Dibatasi

Pemain Asing Musim Depan Akan Dibatasi

Pemain Asing Musim Depan Akan Dibatasi

Agen Bola – PT Liga Indonesia yang akan menjadi operator kompetisi penyatuan dua liga di musim depan rancananya akan mengurangi jumlah pemain aisng yang boleh bertanding di sepak bola Indonesia dalam satu tim. Ini dikarenakan banyaknya pemain asing yang bermain di sepak bola Indonesia bisa mematikan banyak talenta pemain lokal. Tidak hanya membatasi jumlahnya, pemain asing yang kadang digaji mahal juga memberatkan klub dari segi finansial. Ini juga yang menjadi alasan kuota pemain asing akan dikurangi.

Joko Driyono selaku CEO PT Liga Indonesia yang juga Sekretaris Jenderal PSSI mengatakan ada dua yang ingin dicapai oleh PT Liga yaitu memberikan kesempatan bagi semua tim memainkan banyak pemain loka dan mengurangi problem kesulitan dana yang dialami klub. Joko Driyono mengatakan sebenarnya tanpa kehadiran pemain asing pun liga tetap berjalan. Tapi setiap tim di Indonesia memiliki pemikiran jika tidak merekrut pemain asing, mereka tidak akan bisa bersaing dengan tim lainnya. Padahal banyak klub yang mengalami krisis finansial karena tidak bisa menggaji pemain asingnya.

Di musim kompetisi kemarin setiap tim yang bertanding di LSI (Liga Super Indonesia) boleh mempunyai maksimal lima orang pemain asing. Untuk musim depan setiap tim yang akan berlaga di liga sepak bola hasil penyatuan antara ISL dan IPL hanya boleh memiliki tiga sampai empat pemain asing saja. Opsi lain yang sedang digodol oleh PT LI adalah pemberlakuan regulasi 3 dan 3+1 untuk jumlah pemain asing.

Rencana pembatasan pemain asing oleh PSSI ini setidaknya sudah menunjukkan persetujuan. Pelatih Persija Jakarta, Benny Dollo salah satunya. Menurut Benny Dollo pembatasan pemain asing ini sah-sah saja dan Benny Dollo siap mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh badan tertinggi sepak bola di Indonesia tersebut. Bendol juga mengamini jika regulasi ini akan membantu klub mengalami krisis finansial dan adanya kesempatan pemain lokal untuk mendapat kesempatan bermain. Kesempatan bermain yang bisa didapat oleh pemain lokal bisa membuat mereka pengalaman dan jam terbang yang banyak sehingga kemampuan para pemain lokal semakin terasah. Bendol, sapaan benny Dollo sendiri mengakui timnya Persija sudah melakukan regulasi ini dengan memainkan banyak pemain muda sejak awal musim.

Regulasi PSSI terkait pembtasan pemain asing yang berlaku saat ini adalah 3+2 yaitu tim boleh memiliki tiga pemain asing non asia dan dua pemain asing asal asia. Kehadiran pemain asing di sepak bola Indonesia pada awalnya dimaksudkan supaya para pemain asing yang memiliki skill tinggi bisa menularkannya kepada para pesepakbola Indonesia. Tapi dalam perjalanannya semakin banyaknya pemain asing justru membuat pemain muda lokal tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka karena tidak mendapat kepercayaan dari tim. Hal ini berimbas juga terhadap regenarasi pemain tim nasional yang lambat dan minim prestasi. Agen Bola