Salah Satu Klub Liga Inggris Ganti Nama

Salah Satu Klub Liga Inggris Ganti Nama

Salah Satu Klub Liga Inggris Ganti Nama

Setelah sempat terjadi perdebatan sengit dan aksi penentang akhirnya Hull resmi merubah nama. Untuk menghadapi persaingan di musim kompetisi 2014-15, Hull City akan menjadi Hull Tigers setelah mengajukan permohonan tersebut kepada Asosiasi Sepakbola Inggris. Tentu saja perubahan nama ini tidak mudah dan mendapatkan perlawanan sengit dari sejumlah grup pendukung tim tersebut, apalagi perubahan itu dicanangkan oleh pihak pemilik klub asing, Assem Allam, yang meyakini nama ini akan jauh lebih berkembang dari segi komersial dan lebih mudah mencari rekanan yang ingin bekerja sama. “Kami sudah mengirimkan surat kepada Asosiasi Sepakbola Inggria pada pekan ini dan meminta agar mereka mempertimbangkan permintaan kami untuk merubah nama tim yang akan bermain mulai musim kompetisi mendatang,” ujar juru bicara Hull.

Allan bahkan telah merubah nama perusahaan menjadi Hull City Tigers, namun tentunya hal ini tidak dapat berdiri sendiri, sehingga ia meminta izin terlebih dulu kepada Dewan FA atas perubahan nama dalam pertandingan, dan pihak pemrotes yang menamakan dirinya ‘City Till We Die’ merupakan pihak bersebrangan yang menolak keinginan sang pemilik. Allam telah memberikan penawaran kepada pihak pendukung yang tidak senang atas perubahan nama yang telah dilakukannya itu dengan menggantikan uang atas tiket terusan yang sudah dibeli oleh mereka dan sebelumnya bahkan ia sudah memberikan latar belakang atas perubahan nama yang dilakukannya, karena nama ‘Tigers’ dianggap jauh lebih menjual dan nama ‘City’ sudah merupakan hal yang umum dan tidak menjual sama sekali.

Pengusaha berusia 74 tahun asal kelahiran Mesir, yang memutuskan pindah ke Hull pada 1968, juga sempat menimbulkan kontroversi pada awal bulan dengan melemparkan kritik kepada pihak berlawanan: “Mereka bisa tewas secepat yang mereka inginkan, selama mereka pindah dari klub ini untuk beberapa dari mereka yang masih ingin menyaksikan suguhan sepakbola yang menarik.” Sementara itu pelatih Hull Steve Bruce mengungkapkan bahwa permintaan Allam sudah sepatutnya dikabulkan. Ia mengatakan pada akhir bulan lalu: “Saya dapat memahaminya (rasa ketidahbahagiaan dan bertentangan) karena terlebih di negara kami, memiliki sebuah tradisi kuat dari leluhur dan banyak orang memberikan dukungan kepada klub sejak awal muasal didirikan, yang pertama kali bernama Hull City AFC.

“Tetapi pemilik baru telah tiba ke klub ini dan ia merupakan seseorang pendatang yang tentu memiliki perbedaan kultur dan atas finansial yang sudah diberikan kepadanya untuk klub, maka saya pikir jika Hull Tigers bisa menjadi salah satu penunjang bagi kemajuan klub, sudah sepatutnya kami menghormati segala bentuk keputusannya. Jika ia meminta kami untuk bermain dengan kostum berwarna merah muda dan putih garis-garis pada akhir pekan ini, maka kami harus melakukannya, karena tanpa kehadirannya di klub ini tentu tidak akan pernah ada Hull City atau Hull Tigers.”